Senin, 27 Juni 2011

PENGALAMAN PENGELOLAAN SEKOLAH YANG BAIK

PENGALAMAN PENGELOLAAN SEKOLAH YANG BAIK


PRINSIP-PRINSIP DASAR PENGEMBANGAN SEKOLAH BERBASIS PENGALAMAN LAPANGAN
P.1 Fokus pengembangan sekolah adalah peningkatan produktivitas belajar siswa melalui peningkatan proses pemberian pengalaman belajar kepada siswa dengan segala perangkat manajemennya

Guru adalah PENDIDIK PROFESIONAL  dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada jalur pendidikan formal, serta pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah, termasuk pendidikan anak usia dini.

Tidak ada peningkatan kualitas mengajar guru, tanpa peningkatan dukungan non akademik dan manajemen pendidikan yang professional

P.2 Sebuah kejahatan dengan manajemen baik akan mengalahkan sebuah kebaikan yang tidak dikelola dengan baik

P.3 Tidak ada produktivitas belajar siswa tanpa peningkatan kualitas mengajar guru. Tidak ada peningkatan kualitas mengajar guru tanpa peningkatan kepemimpinan instruksional kepala sekolah 

P.4 Pengembangan guru bukanlah sekadar peningkatan jumlah guru, tapi justru yang lebih penting adalah peningkatan kualitas guru.

 P.5    Program peningkatan kualitas guru lebih difokuskan kepada:
  1. Bagaimana agar guru memahami, merasa memiliki, dan mengawal visi, misi, tujuan, dan target sekolah
  2. Bagimana guru memiliki kompetensi untuk mengembangkan program aksi secara kreatif dan mandiri untuk mengapai visi, mengemban misi sekolah
  3. Bagimana guru memiliki semangat melakukan pengembangan diri secara kontinyu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar