Sabtu, 11 Agustus 2012

MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF

A. Pengertian  Multimedia  Pembelajaran
Multimedia  adalah  media  yang  menggabungkan  dua  unsur  atau  lebih  media  yang  terdiri  dari  teks,  grafis,  gambar,  foto,  audio,  video dan  animasi  secara  terintegrasi.  Multimedia  terbagi  menjadi  dua  kategori,  yaitu:  multimedia  linier dan multimedia  interaktif.
Multimedia  linier  adalah  suatu  multimedia  yang  tidak  dilengkapi  dengan  alat  pengontrol  apapun  yang  dapat  dioperasikan  oleh  penguna.  Multimedia  ini  berjalan  sekuensial  (berurutan),  contohnya:  TV  dan  film.
Multimedia  interaktif  adalah  suatu  multimedia  yang  dilengkapi  dengan  alat  pengontrol  yang  dapat  dioperasikan  oleh  pengguna,  sehingga  pengguna  dapat  memilih  apa  yang  dikehendaki  untuk  proses  selanjutnya.  Contoh  multimedia  interaktif  adalah:  multimedia  pembelajaran  interaktif,  aplikasi  game,  dll.
Sedangkan  pembelajaran  diartikan  sebagai  proses  penciptaan  lingkungan  yang  memungkinkan  terjadinya  proses  belajar.  Jadi  dalam  pembelajaran  yang  utama  adalah  bagaimana  siswa  belajar.  Belajar  dalam  pengertian  aktifitas  mental  siswa  dalam  berinteraksi  dengan  lingkungan  yang  menghasilkan  perubahan  perilaku  yangbersifat  relatif  konstan.  Dengan  demikian  aspek  yang  menjadi  penting  dalam  aktifitas  belajar  adalah  lingkungan.  Bagaimana  lingkungan  ini  diciptakan  dengan  menata  unsurunsurnya  sehingga  dapat  mengubah  perilaku  siswa.  Dari  uraian  di  atas,  apabila  kedua  konsep  tersebut  kita  gabungkan  maka  multimedia  pembelajaran  dapat  diartikan  sebagai  aplikasi  multimedia  yang  dignakan  dalam  proses  pembelajran,  dengan  kata  lain  untuk  menyalurkan  pesan  (pengetahuan,  keterampilan  dan  sikap)  serta  dapat  merangsang  piliran,  perasaan,  perhatian  dan  kemauan  yang  belajar  sehingga  secara  sengaja  proses  belajar  terjadi,  bertujuan  dan  terkendali.
B. Manfaat  Multimedia  Pembelajaran
Secara  umum  manfaat  yang  dapat  diperoleh  adalah  proses  pembelajaran  lebih  menarik,  lebih  interaktif,  jumlah  waktu  mengajar  dapat  dikurangi,  kualitas  belajar  siswa  dapat  ditingkatkan  dan  prises  belajar  mengajar  dapat  dilakukan  di  mana  dan  kapan  saja,  serta  sikap  belajar  siswa  dapat  ditingkatkan.
Manfaat  di  atas  akan  diperoleh  mengingat  terdapat  keunggulan  dari  sebuah  multimedia  pembelajaran,  yaitu:
1. Memperbesar  benda  yang  sangat  kecil  dan  tidak  tampak  oleh  mata,  seperti kuman,  bakteri,  elektron  dll.
2. Memperkecil  benda  yang  sangat  besar  yang  tidak  mungkin  dihadirkan  ke sekolah,  seperti  gajah,  rumah,  gunung,  dll.
3. Menyajikan  benda  atau  peristiwa  yang  kompleks,  rumit  dan  berlangsung  cepat atau  lambat,  seperti  sistem  tubuh  manusia,  bekerjanya  suatu   mesin, beredarnya  planet  Mars,  berkembangnya  bunga  dll.
4. Menyajikan  benda  atau  peristiwa  yang  jauh,  seperti  bulan,  bintang,  salju,  dll.
5. Menyajikan  benda  atau  peristiwa  yang  berbahaya,  seperti  letusan  gunung berapi,  harimau,  racun,  dll.
6. Meningkatkan  daya  tarik  dan  perhatian  siswa.
C. Karakteristik  Media  dalam  Multimedia  Pembelajaran
Sebagai  salah  satu  komponen  sistem  pembelajaran,  pemilihan  dan  penggunaan  multimedia  pembelajaran  harus  memperhatikan  karakteristik  komponen  lain,  seperti:  tujuan,  materi,  strategi  dan  juga  evaluasi  pembelajaran.
Karakteristik  multimedia  pembelajaran  adalah:
1. Memiliki  lebih  dari  satu  media  yang  konvergen, misalnya  menggabungkan unsur  audio dan  visual.
2. Bersifat  interaktif,  dalam  pengertian  memiliki  kemampuan  untuk mengakomodasi  respon  pengguna.
3. Bersifat  mandiri,  dalam  pengertian  memberi  kemudahan  dan  kelengkapan  isi sedemikian  rupa  sehingga  pengguna  bisa  menggunakan  tanpa  bimbingan  oran lain.
Selain  memenuhi  ketiga  karakteristik  tersebut,  multimedia  pembelajaran  sebaiknya memenuhi  fungsi  sebagai  berikut:
1. Mampu  memperkuat  respon  pengguna  secepatnya  dan  sesering  mungkin.
2. Mampu  memberikan  kesempatan  kepada  siswa  untuk  mengontrol  laju kecepatan  belajarnya  sendiri.
3. Memperhatikan  bahwa  siswa  mengikuti  suatu  urutan  yang  koheren  dan terkendalikan.
4. Mampu  memberikan  kesempatan  adanya  partisipasi  dari  pengguna  dalam bentuk  respon,  baik  berupa  jawaban,  pemilihan,  keputusan,  percobaan  dan lain-lain.
D. Format  Multimedia  Pembelajaran
Format  sajian  multimedia  pembelajaran  dapat  dikategorikan  ke  dalam  lima  kelompok  sebagai  berikut:
1. Tutorial
Format  sajian  ini  merupakan  multimedia  pembelajaran  yang  dalam  penyampaian  materinya  dilakukan  secara  tutorial,  sebagaimana  layaknya  tutorial  yang  dilakukan  oleh  guru  atau  instruktur.  Informasi  yang  berisi  suatu  konsep  disajikan  dengan  teks,  gambar,  baik  diam  atau  bergerak  dan  grafik.  Pada  saat  yang  tepat,  yaitu  ketika  dianggap  bahwa  pengguna  telah  membaca,  menginterpretasikan   dan  menyerap  konsep  itu,  diajukan  serangkaian  pertanyaan  atau  tugas.  Jika  jawaban  atau  respon  pengguna  benar,  kemudian  dilanjutkan  dengan  materi  berikutnya.  Jika  jawaban  atau  respon  pengguna  salah,  maka  pengguna  harus  mengulang  memahami  konsep  tersebut  secara  keseluruhan  ataupun  pada  bagianbagian  tertentu  saja  (remedial). Kemudian  pada  bahagian  akhir  biasanya  akan  diberikan  serangkaian  pertanyaaan  yang  merupakan  tes  untuk  mengukur  tingkat  pemahamn  pengguna  atas  konsep  atau  materi  yang  disampaikan.
2. Drill dan  Practise
Format  ini  dimaksudkan  untuk  melatih  pegguna  sehingga  memiliki  kemahiran  dalam  suatu  keterampilan  atau  memperkuat  penguasaan  sutu  konsep.  Program  menyediakan  serangkaian  soal  atau  pertanyaan  yang  biasanya  ditampilkan  secara  acak,  sehingga  setiap  kali  digunakan  makan  soal  atau  pertanyaan  yang  tampil  selalu  berbeda,  atau  paling  tidak  dalam  kombinasi  yang  berbeda.
Program  ini  dilengkapi  dengan  jawaban  yang  benar,  lengkap  dengan  penjelasannya  sehingga  diharapkan  pengguna  akan  bisa  pula  memahami  suatu  konsep  tertentu.  Pada  bahagian  akhir,  pengguna  bisa  melihat  skor  akhir  yang  dia  capai,  sebagai  indikator  untuk  mengukur  tingkat  keberhasilan  dalam  memecahkan  soalsoal  yang  diajukan.
3. Simulasi
Multimedia  pembelajaran  dengan  format  ini  mencoba  menyamai  proses  dinamis  yang  terjadi  di  dunia  nyata,  misalnya  untuk  mensimulasikan  pesawat  terbang,  di  mana  pengguna  seolaholah  melakukan  aktifitas  menerbangkan  pesawat  terbang,  menjalankan  usaha  kecil,  atau  pengendalian  pembangkit  listrik  tenaga  nuklir  dan  lainlain.  Pada  dasarnya  format  ini  mencoba  memberikan  pengalaman  masalah  dunia  nyata  yang  biasanya  berhubungan  dengan  suatu  resiko,  seperti  pesawat  yang  akan  jatuh  atau  menabrak,  peusahaan  akan  bangkrut,  atau  terjadi  malapetaka  nuklir.
4. Percobaan  atau  Eksperimen
Format  ini  mirip  dengan  format  simulasi,  namjun  lebih  ditujukan  pada  kegiatan-kegiatan  yang  bersifat  eksperimen,  seperti  kegiatan  praktikum  di  laboratorium  IPA,  biologi  atau  kimia.  Program  menyediakan  serangkaian  peralatan  dan  bahan,  kemudian  pengguna  bisa  melakukan  percobaan  atau  eksperimen  sesuai  petunjuk  dan  kemudian  mengembangkan  eksperimen- eksperimen  lain  berdasarkan  petunjuk  tersebut.  dapat  menjelaskan  suatu  konsep  atau  fenomena  tertentu  berdasarkan  eksperimen  yang  mereka  lakukan  secara  maya  tersebut.
5. Permaianan
Tentu  saja  bentuk  permaianan  yang  disajikan  di  sini  tetap  mengacu  pada  proses  pembelajaran  dan  dengan  program  multimedia  berforat  ini  diharapkan  terjadi  aktifitas  belajar  sambil  bermain.  Dengan  demikian  pengguna  tidak  merasa  bahwa  mereka  sesungguhnya  sedang  belajar.

Proses-proses dan Fase-fase dalam Belajar Mengajar

Sampai sekarang terdapat 2 pendapat yang terus berkembang berebut pengaruh untuk diaplikasi terkait proses belajar. Proses belajar di sekolah dirancang ke dalam kurikulum. Kurikulum yang berlaku di sekolah SD, SMP, SMA, SMK  bermerk KTSP. Tulungagung mulai memberlakukan KTSP tahun ajaran 2007/2008. 

   Pendapat I yakin proses belajar terjadi karena ada reinforcement sebagai motivasi siswa agar terjadi perubahan tingkah laku (behaviorisme), proses belajar terjadi sesuai tingkat perkembangan biologis seseorang (maturasionisme). Behaviorisme menekankan ketrampilan atau tingkah laku sebagai tujuan pendidikan, sedangkan maturasionisme menekankan pengetahuan yang berkembang sesuai dengan usia. Kurikulum sebelum KBK atau KTSP menganut pendapat ini. Peran guru di sini aktif menyiapkan dan memberi pelajaran yang sesuai untuk memperkaya dan mempercepat perkembangan pengetahuan dan mental siswa.


      Pendapat ke II yakin proses belajar terjadi karena bentukan kita sendiri (selfcontructions). Pengetahuan yang kita dapat bukan karena meniru dan bukan pula menggambar realitas di luar diri kita tetapi dikonstruksi melalui proses membuat struktur, kategori, konsep, dan skema yang diperlukan untuk membentuk pengetahuan (konstruktivisme). Kurikulum yang diberlakukan sekarang KBK maupun KTSP menganut pendapat ini.

     Siswa dibimbing dan dilatih serta diberi kesempatan melakukan adaptasi kognitif. Sama halnya dengan setiap organisme tubuh harus beradaptasi secara fisik dengan lingkungan untuk dapat bertahan hidup, demikian juga struktur pemikiran siswa. Siswa dan kita semua berhadapan dengan tantangan, pengalaman, gejala baru, dan persoalan baru yang harus ditanggapi dan diselesaikan serta dipecahkan secaca kognitif (mental). Untuk itu, siswa dibimbing dan dilatih mengembangkan skema pikiran lebih umum menuju ke lebih rinci, atau perlu perubahan radikal untuk menjawab tantangan hidup dan menginterpretasikan pengalaman-pengalamannya.
1..Fase-Fase Belajar dan Proses-proses yang Terjadi

Secara Spikologis, pada umumnya ada 8 fase dalam belajar, dan pada masing-masing fase itu terjadi proses-proses.

a.  Fase Motivasi
·         Timbulnya motivasi (dorongan belajar) dalam diri mahasiswa.
·         Dua jenis motivasi :
                        (1). Motivasi Intrinsik
Dorongan yang timbul dalam diri   mahasiswa, karena stimulus (rangsangan) dari dalam dirinya sendiri. Stimulus itu antara lain minat, bakat, cita-cita, kepuasan melakukan sesuatu dengan berhasil.
                        (2). Motivasi Ekstrinsik
Dorongan yang timbuk dalam diri mahasiswa, karena  stimulus dari luar, seperti penghargaan atas kinerja, pujian, atau upah yang diberikan pihak lain.
·         Kedua motivasi itu sangat penting dalam belajar, tetapi motivasi
intrinsik yang paling penting (prinsip 1.3 dan 1.8 Perkuliahan Bermutu I). Apabila motivasi sudah timbul dalam diri mahasiswa, proses keinginan (untuk belajar) sudah terjadi.
·         Konsep “Pemenuhan Kebutuhan Pelanggan” adalah
      berdasarkan  teori motivasi.

b. Fase Pemerhatian
·           Pemerhatian:
Pemerhatian (pemberian) p-erhatian pada materi perkuliahan yang sedang (akan segera) disajikan. Ini timbul dengan baik setelah ada motivasi.
·           Ada tiga proses yang terjadi :
(1). Proses memperhatikan
(2). Proses menanggapi (memasukkan kedalam persepsi)
(3). Proses memahami.
·           Kuat-lemahnya proses-proses itu banyak bergantung pada cara
        penyajian materi kuliah, situasi belajar pengajar, dan motivasi dimaksud diatas

c. Fase Pemerolehan
·           Pemerolehan :
Proses memahami (memeroleh) arti materi kuliah, dan memasukkannya kedalam ingatan jangka pendek (short-term memory), dan dari sana akan disimpan dalam ingatan jangka panjang(long-term memory). Proses ini disebut juga pelambangan (encoding).
·            Dosen berperan penting dalam membuat kuat-lemahnya proses ini.

d. Fase Penyimpanan
·           Apa yang sudah dipahami dan dimasukkan kedalam ingatan
jangka pendek dimasukkan dalam ingatan jangka panjang kemudian, dan disimpan disana dalam jangka waktu yang lama.
·           Apa sesungguhnya yang terjadi dalam ingatan  jangka panjang tidak diketahui dengan jelas.
Yang pasti ialah bahwa kapasitas ingatan ini sangat besar.

e. Fase Pengingatan
·           Pengingatan :
Proses mengingat kembali apa yang telah dipelajari (disimpan dalam ingatan jangka panjang)
·           Pengingatan terjadi apabila ada tuntutan dari luar, misalnya, pertanyaan atau masalah yang dihadapi.
·           Dosen berperan penting dalam meningkatkan kemampuan (Kecepatan dan ketepatan) mahasiswa dalam pengingatan. Proses yang terjadi dalam pengingatan disebut juga pelepasan lambang (decoding).

f. Fase Generalisasi
·           Generalisasi :
Proses mengingat dan mempergunakan apa yang telah dipelajari. Dari segi bahasa, pada fase ini mahasiswa dapat menyatakan apa yang telah dipelajarinya dengan kata – kata (bahasa) sendiri secara baik . Fase inilah sesungguhnya tujuan akhir belajar. Kemampuan Generalisasi adalah indikator mutu pemahaman mahasiswa tentang materi kuliah. Pada fase ini juga berkembang daya kritis dan berpikir mandiri.
·           Fase ini disebut juga transfer (pengetahuan sudah menjadi milik mahasiswa).

g. Fase Kinerja
·           Ini adalah proses dimana mahasiswa membuktikan pemahamannya tentang materi kuliah melalui perbuatan (kinerja), seperti jawabnya atas pertanyaan dalam ujian, atau sikapnya dalam menghadapi masalah.

h. Fase Umpan Balik
·           Fase ini sesungguhnya sejalan dengan fase kinerja, karena dari kinerja diperoleh juga umpan balik.
·           Dalam fase ini mahasiswa mengetahui tingkat pemahamanya tentang materi kuliah dari kinerjanya sendiri, dalam arti hasil yang diperoleh dari kinerja kerja itu, seperti nilai ujian, respon yang diberikan dosen, dll.
·           Umpan balik berguna untuk peningkatan (perbaikan) mutu. Dari umpan balik dapat diketahui apa yang harus diperbaiki.
    
Urutan fase – fase diatas adalah yang umum (standar). Tetapi dapat juga terjadi bahwa urutan itu tidak diikuti, misalnya langsung ke fase pemerhatian atau pemerolehan. Perubahan ini dapat terjadi terutama karena situasi belajar mengajar yang dihadapi, termasuk cara – cara penyajian materi kuliah oleh dosen. Tetapi bagaimanapun, fase – fase tersebut perlu diperhatikan.
2. Fase – Fase dan Proses – Proses Dalam Mengajar.

Fase – fase dan proses – proses dalam mengajar disebut juga fase – fase dan proses – proses instruksional.
    
a. Fase Menimbulkan Motivasi
·           Langkah pertama dalam penyajian materi kuliah ialah memotivasi mahasiswa, antara lain dengan menjelaskan manfaat dan tujuan mata kuliah bagi mahasiswa,  menciptakan situasi M – M dikelas, dan mungkin juga dengan lelucon (Joke) berkenaan dengan mata kuliah bersangkutan.

b. Fase Mengarahkan Perhatian
·           Setelah adalah motivasi dalam diri mahasiswa, dosen dapat mulai mengarahkan perhatian mereka pada meteri kuliah, dengan menyajikannya secara jelas dan sistemati sehingga mudah diikuti dan dipahami.

c. Fase Membentuk Pemerolehan
·           Fase ini sesungguhnya sejalan dengan fase pemerhatian. Dalam proses ini dosen mempergunakan teknik – teknik penyajian yang efektif agar pemahaman mahasiswa mantap dan cepat masuk kedalam ingatan jangka pendeknya. Teknik yang efektif antara lain menggaris bawahi konsep – konsep penting atau menekankannya dengan suara atau kata – kata khusus, dengan mempergunakan alat peraga (gambar, dll) jika bendanya sendiri tak dapat ditujukan, atau dengan diagram, dan diskusi tim serta tanya jawab.

d. Fase Membentuk Penyimpanan
·           Pada fase ini dosen membantu mahasiswa memperoleh dan mempercepat proses penyimpanan pemahaman materi kuliah ke dalam ingatan jangka panjang. Teknik yang efektif antara lain ialah membuat rangkuman atau kesimpulan untuk dihapalkan mahasiswa, memberikan latihan (PR), dan juga diskusi tim. Berbagai  alat  bantu  ingatan  juga  perlu  dipergunakan  seperti  “ jembatan keledai” (singkatan khusus) dan kartu istilah (kartu dimana dituliskan istilah penting).

e. Fase Memperkuat Pengingatan
·           Mahasiswa harus dibuat mampu mengingat apa yang telah dipelajarinya setepat mungkin. Dosen perlu  mempergunakan teknik – teknik efektif untuk memperkuat pengingatan, antara lain kejelasan pengajian, pertanyaan yang tepat, latihan – latihan yang sistematis, pengulangan pelajaran, dan diskusi tim

f. Fase Memperkuat Generalisasi
·           Fase ini sangat penting, karena inilah indikator mutuperkuliahan dan mutu kemampuan mahasiswa . Teknik – teknik efektif harus dipergunakan oleh dosen dalam perkuliahan, seperti tes esei, menulis makalah, menguraikan sesuatu pertanyaan secara lisan.  Dan teknik yang paling efektif dan baik ialah diskusi. Itulah maka pengaktifan diskusi tim mahasiswa sangat penting karena kegiatan ini adalah latihan yang sangat baik dalam peningkatan kemampuan generalisasi melalui pembicaraan dan mendengarkan pembicaraan. Latihan membuat ringkasan atau kesimpulan bacaan juga teknik yang baik.

g. Fase Memantapkan Kinerja
·           Mahasiswa harus mampu mempergunakan pengetahuan untuk mengatasi masalah atau tantangan kehidupan. Dosen perlu berusaha menanamkan kemampuan ini. Teknik yang efektif untuk ini antara lain PR, tanya jawab dikelas, diskusi tim, berbagai tes, dan penulisan makalah. Dosen harus memeriksanya dan memberikan nilai sebagai penghargaan
                 
                  h. Fase Memantapkan Umpan Balik
·           Mahasiswa harus mampu meningkatkan mutu pengetahuan secara mandiri dengan memperbaiki kesalahan – kesalahan yang dilakukannya. Dosen juga harus membantu meningkatkan kemampuan ini, anatara lain dengan cara memeriksa PR dan ujian mahasiswa serta membicarakanya dikelas sehingga mahasiswa tahu mana yang benar dan mana yang salah. Hasil pemeriksaan itu adalah umpan balik. Diskusi tim mahasiswa  juga adalah tehnik yang sangat efektif untuk memperoleh umpan balik. Berbagai kelemahan disadari dan diperbaiki oleh mahasiswa melalui diskusi tim.
    
Kesimpulan
Sampai sekarang terdapat 2 pendapat yang terus berkembang berebut pengaruh untuk diaplikasi terkait proses belajar. Proses belajar di sekolah dirancang ke dalam kurikulum. Kurikulum yang berlaku di sekolah SD, SMP, SMA, SMK  bermerk KTSP. Tulungagung mulai memberlakukan KTSP tahun ajaran 2007/2008.
Secara Spikologis, pada umumnya ada 8 fase dalam belajar, dan pada masing-masing fase itu terjadi proses-proses, di antaranya yaitu :

Fase Motivasi
Fase Pemerhatian
Fase Pemerolehan
Fase Penyimpanan
Fase Pengingatan
Fase Generalisasi
Fase Kinerja, dan
Fase Umpan Balik

Sedangkan fase-fase dalam proses mengajar di antaranya adalah :

Fase Menimbulkan Motivasi
Fase Mengarahkan Perhatian
Fase Membentuk Pemerolehan
Fase Membentuk Penyimpanan
Fase Memperkuat Pengingatan
Fase Memperkuat Generalisasi
Fase Memantapkan Kinerja, dan
. Fase Memantapkan Umpan Balik

Daftar Pustaka

Muslih Usa, 1991, Pendidikan Islam di Indonesia, Antara Cita dan Fakta [Suatu Pengantar], Tiara Wacana, Yogyakarta.
Suyata, 1992, Penataan Kembali Pendidikan Islam pada Era Kemajuan Ilmu dan Teknologi, UNISIA No. 12 Th. XIII, UII, Yogyakarta.
Soeroyo, 1991, Berbagai Persoalan Pendidikan, Pendidikan Nasional dan Pendidikan Islam di Indonesia, Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Problem dan Prospeknya, Volume I, Fak. Tarbiyah IAIN Suka, Yogyakarta.
H.A.R. Tilaar, 1991, Sistem Pendidikan Nasional yang Kondusif Bagi Pembangunan Masyarakat Industri Modern Berdasarkan Pancasila, Makalah Utama Kongres Ilmu Pengetahuan Nasional V.